Home » Pendidikan » Gambaran Umum Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Digital di Tingkat Universitas

Gambaran Umum Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Digital di Tingkat Universitas

Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Digital – Studi ini mempertimbangkan pengembangan, kesadaran, adopsi, dan penggunaan sumber daya perpustakaan digital (DL) di tingkat universitas. Untuk mengembangkan dan menerapkan sistem sumber daya e-library yang sukses, penting untuk meninjau faktor keberhasilan dan mengidentifikasi aspek teknologi yang paling penting dari sumber daya DL. Teknologi informasi perpustakaan elektronik dideskripsikan dan dikelompokkan menjadi beberapa kategori yang mempengaruhi kepuasan pengguna dalam konteks DL. Ini adalah akses terbuka ke informasi, fasilitas akses, desain antarmuka yang tidak rumit, proses komunikasi berkualitas tinggi, kinerja Internet, layanan jaminan kinerja, kemudahan komunikasi melalui jejaring sosial, dan akuisisi yang digerakkan oleh patron. Dengan fitur-fitur penting layanan DL ini, kemudahan mengakses informasi online dan kinerja utilitas DL menjadi sangat penting. Oleh karena itu, beberapa penelitian ditinjau dan dievaluasi untuk menentukan kegunaan layanan DL; setelah itu, desain sistem penemuan DL dikembangkan melalui perangkat lunak open source Blacklight.

1. Perkenalan

Jaringan sangat penting bagi perpustakaan untuk mengatasi isu-isu yang membara saat ini, seperti kelebihan pengetahuan, keragaman pengguna, dan krisis keuangan, di mana langganan layanan digital bergantung pada konsorsium akses yang lebih luas ke layanan digital dengan biaya lebih rendah [1 , 2 ]. Istilah sumber daya perpustakaan elektronik mendefinisikan informasi yang diproses dan dimanipulasi secara digital menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang menawarkan informasi yang dapat diakses oleh pengguna elektronik digital melalui jaringan penyedia informasi jarak jauh atau dipasang secara lokal oleh pustakawan digital (DL). Pada kenyataannya, itu mentransfer benteng informasi sejarah ke budaya yang dipersonalisasi, beradaptasi, dan sinergis berdasarkan informasi, komunikasi, dan teknologi (ICT) [3]. Perpustakaan digital terutama dirancang untuk memecahkan masalah perpustakaan tertentu. Koleksi online meliputi e-book DL, e-newsletter, e-referensi, tesis, dan disertasi [4]. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dalam konteks DL dapat dikategorikan sebagai kemudahan akses, beberapa pengecualian dan batasan pengunduhan, kesederhanaan desain antarmuka DL, kualitas proses interaksi, kinerja Internet, layanan jaminan kualitas, dan kemudahan komunikasi yang disediakan oleh media sosial. jaringan [5, 6].

Baca juga: Mengenal Inkubator Bisnis di Kampus, Solusi Mengembangkan Startup

2. Kualitas Layanan Perpustakaan Digital

Dengan munculnya layanan DL, kualitas layanan (QoS) menjadi sangat penting dalam menilai keberhasilan penyampaian layanan. Berbagai model dan struktur telah diusulkan untuk menganalisis QoS dalam sistem DL [20]. Namun, konsentrasi umum pekerjaan di QoS untuk DL adalah tentang sejauh mana perspektif pengalaman pengguna. Ahmad dan Abawajy [20] membahas dimensi yang berbeda dari perspektif penyedia layanan digital. Model tersebut menunjukkan bahwa tingkat QoS yang diberikan oleh penyedia layanan digital secara langsung mempengaruhi persepsi dan kepuasan pengguna akhir.

3. Kepuasan Pengguna terhadap Sistem Perpustakaan Digital

Penilaian dan pemeliharaan kepuasan pengguna merupakan bagian penting dari manajemen mutu perpustakaan. Di latar belakang DL, kepuasan mengacu pada “merasa senang dengan DL dalam membantu menyelesaikan tugas” [27]. Kepuasan pelanggan DL terkait erat dengan pengalaman mereka terhadap layanan DL. Mengidentifikasi standar tipikal untuk penyedia DL membutuhkan (i) kelengkapan, termasuk semuanya; (ii) aksesibilitas, semuanya tersedia dengan segera; (iii) kepuasan instan, kecepatan respons; (iv) kapasitas perangkat lunak, mulus; (v) keramahan pengguna, antarmuka tunggal; dan (vi) berbagai format, susunan kata, gambar, dan audio [ 28 ].


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *