Home » Pendidikan » 5 CARA MENINGKATKAN SOFT SKILL BAGI SISWA

5 CARA MENINGKATKAN SOFT SKILL BAGI SISWA

MENINGKATKAN SOFT SKILL BAGI SISWA – Istilah soft skill tentu sangat akrab di masyarakat. Oleh banyak kalangan, soft skill dianggap sebagai hal penting yang akan berdampak pada kesuksesan seseorang di masa depan. Di sekolah maupun di kampus vokasi, penguasaan soft skill oleh siswa menjadi salah satu yang sangat ditekankan melalui berbagai program, seperti magang.

Dikutip dari e-book Work Management karya Wahdiyat Moko, dkk, soft skill sendiri didefinisikan sebagai kemampuan bekerja sama dalam tim, memecahkan masalah, dan beradaptasi dengan perubahan ketika terjadi di lingkungan kerja. Tidak hanya di lingkungan kerja, soft skill juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penguasaan soft skill yang baik akan memudahkan individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, terutama saat memasuki dunia kerja. Maka, penting bagi mahasiswa untuk terus meningkatkan soft skill sebelum memasuki dunia kerja. Anda dapat mengikuti lima langkah ini untuk meningkatkan soft skill Anda.

1. Ikuti kursus

Kursus ini tidak hanya tentang menguasai hard skill. Anda bisa mengambil kelas kursus, seperti pengembangan diri untuk mengembangkan soft skill Anda. Dalam kelas pengembangan diri, biasanya Anda akan diberikan pelatihan public speaking, komunikasi yang baik, presentasi, manajemen waktu, dan lain sebagainya.

2. Manfaatkan waktu magang

Siswa sekolah menengah kejuruan tentu tidak asing dengan magang. Magang ini akan memberi Anda pengalaman langsung tentang dunia profesional yang sebenarnya sehingga magang bisa menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan soft skill Anda. Anda bisa mencoba mengamati bagaimana rekan Anda berinteraksi dengan atasan atau klien, bernegosiasi, memberikan presentasi, dan lain sebagainya.

3. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial

Salah satu caranya adalah dengan mencoba menjadi relawan atau relawan di sebuah organisasi sosial atau relawan bencana. Kesempatan ini bisa menjadi sarana untuk mempelajari hal-hal baru sekaligus berkontribusi membantu masyarakat dan mengasah berbagai soft skill, seperti beradaptasi dengan lingkungan baru, berkomunikasi dalam tim, dan memecahkan masalah, terutama saat bekerja sebagai relawan saat bencana. . daerah.

4. Aktif dalam organisasi kampus

Ada banyak organisasi di kampus, jadi tidak ada salahnya untuk bergabung dengan mereka. Ketika Anda aktif dalam kegiatan organisasi, otomatis Anda akan terlatih dalam mengatur waktu dengan baik, berkomunikasi, berdiskusi, mengemukakan pendapat dan lain sebagainya. Artinya dengan berorganisasi Anda berkesempatan untuk melatih berbagai soft skill, seperti leadership, team work, komunikasi, bahkan critical thinking.

5 Bekerja paruh waktu

Selain magang, kamu juga bisa meningkatkan soft skill dengan bekerja sambil kuliah. Berbeda dengan magang, bekerja paruh waktu atau paruh waktu akan memberi Anda kesempatan untuk lebih memperhatikan manajemen waktu, kerja tim, dan sebagainya. Namun, pastikan pekerjaan paruh waktu ini tidak mengganggu studi Anda. Semoga beruntung! (Nan/Cecep Somantri)


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *