Home » Pendidikan » 5 Peran Penting Teknologi Informasi Dalam Bisnis

5 Peran Penting Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Peran Penting Teknologi Informasi – Di era modern ini, hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, mulai dari membayar semua tagihan berupa tagihan telepon, internet, TV berbayar, listrik, pompa dan lain-lain, hanya dengan menggunakan m-banking semuanya bisa dilakukan. dilakukan daring. Kita tidak dapat menyangkal pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita. Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dari setiap rencana bisnis. Hampir semua perusahaan baik besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi sebagai salah satu kegiatan yang diperlukan untuk memberikan peningkatan layanan bisnis yang dikelolanya.

Teknologi informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi di perusahaan, baik di bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi dan layanan e-business, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi di lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan kebiasaan kerja. Misalnya, menerapkan Enterprise Resource Planning (ERP).

Baca juga: 5 Manfaat Teratas Mendapatkan Gelar Humaniora atau Seni Liberal

Dalam dunia bisnis, peran Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan elektronik, yang disebut juga dengan E-Commerce (e-commerce) atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah perdagangan dengan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi juga mencakup kerjasama dengan mitra bisnis, customer service, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga membutuhkan teknologi pangkalan data atau database, email atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer lainnya seperti sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-commerce. jual beli. -perdagangkan ini.

Mempermudah Cara Komunikasi

Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana komunikasi utama antara karyawan, pemasok, dan pelanggan. Email adalah salah satu penggerak awal Internet. Sangat mudah digunakan dan relatif lebih murah untuk berkomunikasi daripada komunikasi faksimili. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lain juga telah berkembang, memungkinkan staf untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan sistem obrolan, alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan banyak lainnya.

Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi

Melalui internet, Anda hanya perlu satu klik dan semua informasi tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh tentang bisnis, maka bisnis yang Anda kelola akan semakin berkembang. Selain itu, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi tentang pesaing Anda.

Manajemen data

Deretan lemari arsip berisi dokumen perusahaan tidak lagi dibutuhkan oleh sebagian perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan dokumen versi digital di server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini tersedia secara instan untuk semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografisnya. Perusahaan dapat menyimpan dan memelihara data historis dalam jumlah besar secara ekonomis, dan karyawan memiliki akses langsung ke dokumen yang mereka butuhkan

Sistem manajemen informasi

Menyimpan data hanya menguntungkan jika dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi tersebut. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan melacak data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi, dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, memungkinkan mereka bereaksi segera terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya barang.

Pengelolaan hubungan pelanggan

Perusahaan menggunakan TI untuk meningkatkan cara mereka merancang dan mengelola hubungan pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu sistem yang dapat menangkap setiap interaksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan pelanggannya, sehingga data kronologis pelanggan tersedia jika sewaktu-waktu dibutuhkan, seperti record data. Salah satu contohnya adalah pelanggan menghubungi call center karena memiliki masalah, terkait informasi pengiriman barang yang dipesannya. Dengan adanya CRM staf perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan pesanan pelanggan. Karena semua interaksi disimpan dalam sistem CRM.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *