Home » Prospek Kerja » 5 Daftar Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

5 Daftar Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional – Saat belajar Hubungan Internasional mahasiswa umumnya tidak hanya belajar tentang pengetahuan dasar Hubungan Internasional, tetapi juga sejarah, bahasa, dan juga ilmu komunikasi. Hal inilah yang membuat lulusan Hubungan Internasional memiliki prospek kerja yang sangat luas. Nah, jika ingin mengetahui beberapa prospek kerja lulusan Hubungan Internasional yang bisa Anda pilih. Yuk cari tahu informasinya di bawah ini.

Berbagai Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Prospek kerja lulusan Hubungan Internasional memang sangat banyak dan luas. Beberapa pilihan pekerjaan yang dapat ditempuh oleh lulusan Hubungan Internasional adalah:

1. Diplomat

Hingga kini, diplomasi masih menjadi profesi yang diimpikan banyak orang. Bagi Anda yang sedang menempuh studi Hubungan Internasional, kesempatan untuk menekuni profesi ini terbuka lebar. Karena lulusan Hubungan Internasional dapat dengan mudah mempraktekkan semua ilmu yang dipelajari selama kuliah, seperti dasar Hubungan Internasional, Bahasa dan Ilmu Komunikasi. Tugas utama seorang diplomat adalah mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara dalam suatu pertemuan. Seorang diplomat harus memiliki keterampilan negosiasi yang baik.

2. Spesialis Humas

Spesialis PR yang juga disebut spesialis media atau spesialis komunikasi berperan dalam menjaga citra publik yang baik dari suatu organisasi. Tugas spesialis hubungan masyarakat adalah membantu perusahaan berkomunikasi secara efektif dengan publik.

Selain itu, spesialis hubungan masyarakat juga bertanggung jawab untuk membuat siaran pers, menulis pidato, dan meninjau komunikasi dalam suatu organisasi untuk memastikan semua pesan mematuhi pedoman perusahaan. Dalam peran politik dan pemerintahan, spesialis hubungan masyarakat memiliki kesempatan untuk memegang jabatan sekretaris pers. Saat menjadi spesialis PR, lulusan Hubungan Internasional biasanya hanya perlu memperdalam ilmu yang telah dipelajarinya di bangku kuliah.

Baca juga: 5 Daftar Prospek Peluang Karir Keuangan Bergaji Tinggi

3. Konsultan politik

Tak bisa dipungkiri, konsultan politik merupakan salah satu profesi yang paling menjanjikan bagi lulusan Hubungan Internasional. Hal ini dikarenakan selain dapat memperdalam ilmu yang telah didapatkan selama kuliah, lulusan Hubungan Internasional juga dapat memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Saat ini ruang lingkup kerja konsultan politik juga sangat luas. Konsultan politik dapat bekerja di dalam bisnis, organisasi, atau lobi untuk mengadvokasi perubahan legislatif.

Tugas utama konsultan politik adalah mendukung citra publik politisi dan pejabat pemerintah. Konsultan politik akan bertindak sebagai spesialis hubungan masyarakat dan penjual saat mempromosikan klien menggunakan metode seperti iklan dan siaran pers untuk mendukung kandidat atau kampanye klien. Selain itu, konsultan politik strategis juga berperan untuk memandu kebijakan, komunikasi, dan penampilan publik.

4. Koordinator lembaga swadaya masyarakat

Apakah Anda suka melakukan kegiatan sosial dan ingin bekerja di organisasi non-pemerintah? Jika demikian, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi koordinator sebuah lembaga swadaya masyarakat. Karena lulusan Hubungan Internasional dapat menunjukkan pemahaman tentang budaya yang berkaitan dengan misi organisasi untuk meningkatkan hubungan dengan klien internasional. Koordinator program lembaga swadaya masyarakat juga bekerja sama dengan direktur program lainnya untuk merencanakan dan mengkoordinasikan program untuk mencapai visi dan misi lembaga. Tanggung jawab koordinator LSM merencanakan penggalangan dana, penganggaran, penjangkauan masyarakat dan memberikan dukungan teknis.

5. Ekonomi

Peran ekonom adalah untuk memprediksi tren tak terduga di dunia bisnis dan untuk mengartikulasikan dan mengadvokasi kebijakan ekonomi terbaru organisasi bila diperlukan. Menariknya, saat ini profesi ekonom bisa ditekuni oleh lulusan Hubungan Internasional. Ini karena seorang ekonom harus memiliki pengetahuan tentang bisnis dunia dan tren keuangan dan ekonomi global. Pengetahuan ini biasanya menjadi salah satu hal yang dipelajari oleh mahasiswa Hubungan Internasional.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *